Layanan konseling individual untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC Swadaya Kendal

Yulianti, Titin (2023) Layanan konseling individual untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC Swadaya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1901016146_Titin Yulianti_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1901016146_Titin Yulianti_Skripsi Lengkap.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Proses penyesuaian diri pada anak tuna grahita dapat dipengaruhi stigma negatif yang menjadi suatu permasalahan. Aspek ini yang perlu diperhatikan pada setiap individu karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap penyesuaian diri pada anak yang akan mengakibatkan anak cenderung merasa malu, takut, dan cemas. Oleh karena itu, layanan konseling menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Harapannya dengan adanya layanan tersebut anak tuna grahita dapat berkonsultasi dan akan memperoleh penanganan khusus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model pembahasan deskriptif dan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triagulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Tenik analisis data meliputi reduksi data (data reduction) penyajian data (data display), penarikan data kesimpulan/verifikasi (verification). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individual dalam meningkatkan penyesuaian diri pada anak tuna grahita. Hasil dari penelitian ini adalah 1) kondisi penyesuaian diri pada anak tuna grahita berupa keterampilan sosial dengan menggunakan metode wawancara dan psikotes, dimana cara tersebut membantu dalam menentukan kemampuan yang tunagrahita tersebut miliki serta kemampuan berkerjasama. 2) Layanan konseling individual dalam meningkatkan penyesuaian diri pada anak tunagrahita mengalami peningkatan dibuktikan dengan kondisi yang mereka miliki sebelum dan sesudah, yang dahulu cemas, penakut, pemalu dan tidak memiliki penyesuaian diri sekarang mereka mengalami penyesuaian diri yang baik ditandai dengan perubahan hidupnya dan pola pikirnya, yang menjadikan potensi mereka berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Konseling; Bimbingan Islam; Tunagrahita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:59
Last Modified: 15 Oct 2024 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24550

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics