Transformasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) pada masa pasca pandemi di SMP Negeri 16 Semarang
Iftinan, Arina Fika (2022) Transformasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) pada masa pasca pandemi di SMP Negeri 16 Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Tesis_2003018030_Arina_Fika_Iftinan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Transformasi pembelajaran merupakan pembaharuan dalam pelaksanaan pembelajaran yang perlu dilakukan secara berkelanjutan, untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis transformasi materi, proses, dan hasil pembelajaran PAI pada masa pasca pandemi. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini mengacu pada data wawancara terstuktur, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru PAI, dan peserta didik SMP Negeri 16 Semarang. Data di analisis menggunakan teori Miles and Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PAI pada masa pasca pandemi yang mencakup materi, proses, dan hasil mengalami transformasi yang terjadi dari masa pra pandemic, pandemic, dan pasca pandemic. Hal tersebut dipicu permasalahan dan penyesuaian yang memerlukan perubahan dalam sistem pendidikan agar dapat mencapai tujuan yang lebih optimal. Hasil riset menyimpulkan bahwa transformasi pembelajaran PAI pada masa pasca pandemi menjadi salah satu upaya dalam memperbarui sistem pendidikan yang menyesuaikan dengan perubahan zaman dan mengembangkan pembelajaran yang berbasis pada teknologi digital sehingga menciptakan generasi yang unggul dan mampu bersaing dimasa depan.
ABSTRACT:
Learning transformation is a renewal in the implementation of learning that needs to be carried out on an ongoing basis, to create a better education system. This study aims to be able to analyze the transformation of PAI learning materials, processes, and outcomes in the post-pandemic period. Qualitative research with this phenomenological approach refers to structured interview data, documentation, and observation. The subjects of this study were the principal, deputy head of curriculum, PAI teachers, and students of SMP Negeri 16 Semarang. The data is analyzed using Miles and Hubberman's theory which includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study show that PAI learning in the post-pandemic period which includes materials, processes, and results has undergone a transformation that occurs from the pre-pandemic, pandemic, and post-pandemic period. This is triggered by problems and adjustments that require changes in the education system in order to achieve more optimal goals. The results of the research concluded that the transformation of PAI learning in the post-pandemic period is one of the efforts in updating the education system that adapts to the changing times and develop learning based on digital technology so as to create a superior generation and be able to compete in the future.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tranformasi; Pembelajaran PAI; Siswa SMP; Pasca pandemi covid-19 |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:27 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24566 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year