Pengaruh jenis kelamin terhadap kecerdasan emosional siswa madrasah tsanawiyah

Nikmah, Wilda Khanifatun (2023) Pengaruh jenis kelamin terhadap kecerdasan emosional siswa madrasah tsanawiyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2103018002_Wilda_Khanifatun_Nikmah] Text (Tesis_2103018002_Wilda_Khanifatun_Nikmah)
Tesis_2103018002_Wilda_Khanifatun_Nikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi berkenaan dengan ketidak seimbangan emosi siswa pada jenjang madrasah tsanawiyah. Kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan siswa dalam mengelola dan mengendalikan emosinya serta memiliki kemampuan tersebut untuk mengendalikan emosi orang lain juga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di MTs Al Falah Margoyoso Jepara dan menjelaskan perbedaannya kecerdasan emosional berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Penelitian sampel berjumlah 35 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala kecerdasan emosional yang terdiri dari 55 item, analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Analisis Varian (ANAVA) Sederhana. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa laki-laki berada pada kategori sedang, dimana terdapat pada kelas interval skor 145-189 berjumlah 15 siswa (53-69%). (2) Begitu pula Siswa perempuan Madrasah Tsanawiyah berada pada kategori sedang, dimana memperoleh kelas interval sama 145-189 berjumlah 9 siswa (53-69%). (3) Perbedaan tingkat kecerdasan emosional antara siswa laki-laki dan siswa perempuan memperoleh hasil bahwa nilai F = 0,043, lebih kecil dari nilai F kriteria signifikansi (4,139). Dengan hasil seperti ini, kedua kelompok siswa (jenis kelamin laki-laki dan perempuan) tidak berbeda secara signifikan, walaupun rerata keduanya berbeda. Dengan kata lain, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kecerdasan emosional siswa laki-laki dan siswa perempuan di MTs Al Falah Margoyoso Jepara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Jenis kelamin; Kecerdasan emosional; Siswa; Madrasah tsanawiyah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:34
Last Modified: 15 Oct 2024 08:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24568

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics