Pendidikan damai pesantren : studi fenomenologi di Pesantren As-Shuffah Rembang dan Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits Bekasi
Apriliana, Evita Nur (2022) Pendidikan damai pesantren : studi fenomenologi di Pesantren As-Shuffah Rembang dan Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits Bekasi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Tesis_2103018008_Evita_Nur_Apriliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kasus kekerasan di pesantren menjadi isu yang masif di berbagai media. Hal tersebut memicu timbulnya citra buruk pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konstruksi pendidikan damai pesantren sebagai counter-narratives. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi untuk menemukan konstruksi pendidikan damai berdasarkan pengalaman praktik di Pesantren As- Shuffah Rembang dan Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits Bekasi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi mengenai pendidikan damai pesantren. Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan pesantren bertujuan membentuk pribadi yang memiliki kesadaran pentingnya menjaga kemaslahatan alam semesta sebagai bagian dari aktualisasi keimanan. Materi pendidikan damai pesantren mencakup konsep tentang keseimbangan relasi kosmologi, Maqāṣid al-syari′ah, dan konsep Ma′rūf. Pendidikan damai di pesantren dilakukan melalui kajian kitab kuning, modeling, pembiasaan, konseling sufistik, dan praktik kepemimpinan santri. Konstruksi pendidikan damai pesantren berimplikasi pada terciptanya praktik pembelajaran yang mencerminkan nilai-nilai perdamaian dan nir-kekerasan.
ABSTRACT:
Cases of violence in Pesantren have become a massive issue in various media. These phenomena triggered a lousy image of pesantren as an Islamic educational institution. This study aims to uncover the construction of pesantren peace education as counter-narratives. This research uses phenomenological studies to construct peace education based on practical experiences in Pesantren As-Shuffah Rembang and Pesantren Mahasina Darul Qur'an Wal Hadith Bekasi. Research data were collected through interviews, observations, and documentation studies on the peace education of Pesantren. The study results found that pesantren education aims to form a person aware of the importance of maintaining the benefit of the universe as part of the actualization of faith. The material for peace education in Pesantren includes the concept of the balance of cosmological relations, Maqashid Sharia, and the concept of Ma′rūf. Peace education in Pesantren is carried out through the study of the yellow book, modeling, habituation, Sufistic counseling, and student leadership practices. The construction of pesantren peace education has implications for creating learning practices that reflect the values of peace and nonviolence.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan damai; Pesantren; Konstruksi pendidikan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:40 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24570 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year