Analisis strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas dalam meningkatkan jumlah nasabah : studi kasus BSI KCP. Kudus
Nafisa, Wardatun (2023) Analisis strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas dalam meningkatkan jumlah nasabah : studi kasus BSI KCP. Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1805036050_Wardatun Nafisa _lengkap tugas akhir - Wardatun Nafisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Di Indonesia perkembangan perbankan syariah semakin meningkat, hal ini menyebabkan persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar bank menumbuhkan keharusan Bank Syariah Indonesia KCP Kudus untuk berinovasi produk, seperti pembiayaan murabahah dengan produk cicil emas. Untuk menjaga keberlangsungan produknya, Bank Syariah Indonesia KCP Kudus harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Strategi pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk, agar mengingat karena masyarakat kurang memahami produk cicil emas. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemasaran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran dalam Islam, khususnya Bank Syariah Indonesia KCP Kudus guna meningkatkan jumlah nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas dalam meningkatkan jumlah nasabah dan bagaiamana analisis strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Kudus dan strategi pemasaran dalam perspektif islam. Tujuan dari penelitian Bank Syariah Indonesia KCP Kudus ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah dan mengetahui perspektif ekonomi Islam tentang pemasaran produk cicil emas pada. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif guna melengkapi data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Kudus dalam meningkatkan jumlah nasabahnya yaitu Produk (Product), harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), Bukti Fisik (Physical Evidence). Dengan ini penerapan yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP dan strategi pemasaran pembiayaan murabahah yang terbaik dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk cicil emas Bank Syariah Kudus adalah strategi promosi (Door to Door) adalah strategi yang lebih dominan digunakan. Karena lebih mudahnya pihak marketing Bank Syariah Indonesia KCP. Kudus berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung dengan nasabah dan calon nasabah, dan dalam melakukan pemasaran strategi promosi lebih sederhana dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Murabahah; pemasaran Islam; BSI |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:54 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24574 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year