Hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dan praktik konsumsi keragaman pangan terhadap status gizi balita usia 24-59 bulan di desa Karanggedang Kecamatan Sidareja Cilacap

Astuti, Atika Puji (2023) Hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dan praktik konsumsi keragaman pangan terhadap status gizi balita usia 24-59 bulan di desa Karanggedang Kecamatan Sidareja Cilacap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1907026069_ATIKA_PUJI_ASTUTI] Text (SKRIPSI_1907026069_ATIKA_PUJI_ASTUTI)
SKRIPSI_1907026069_Atika_Puji_Astuti_011520 - Atika Puji Astuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Status gizi balita menjadi salah satu indikator kesehatan yang harus diketahui oleh setiap orang tua dan perlu mendapatkan perhatian lebih terhadap proses tumbuh kembangnya. Masalah gizi yang terjadi pada balita dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya faktor pengetahuan ibu dan praktik konsumsi keragaman pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dan praktik konsumsi keragaman pangan terhadap status gizi balita usia 24-59 bulan di Desa Karanggedang, Sidareja, Cilacap. Desain studi pada penelitian ini adalah cross-sectional. Teknik pengambilan data menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 balita. Data pengetahuan ibu tentang gizi diperoleh melalui kuesioner pengetahuan ibu tentang gizi. Data praktik konsumsi keragaman pangan diperoleh melalui wawancara recall 2 x 24 jam dan kuesioner IDDS (Individual Dietary Diversity Score). Data status gizi diperoleh melalui pengukuran antropometri dengan indeks BB/U, TB/U dan BB/TB. Analisis bivariat menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita (BB/U) dengan p-value 0,009. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita (TB/U) dengan p-value 0,478. Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita (BB/TB) dengan p-value 0,043. Tidak terdapat hubungan antara praktik konsumsi keragaman pangan dengan status gizi balita (BB/U) dengan p-value 0,123. Tidak terdapat hubungan antara praktik konsumsi keragaman pangan dengan status gizi balita (TB/U) dengan p-value 0,469. Terdapat hubungan antara praktik konsumsi keragaman pangan dengan status gizi balita (BB/TB) dengan p-value 0,036.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keragaman konsumsi pangan; Pengetahuan ibu; Status gizi balita
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:49
Last Modified: 16 Oct 2024 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24604

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics