Pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja guru di MI Daerah Binaan 1 Kota Pekalongan

Rohmah, Nur (2023) Pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja guru di MI Daerah Binaan 1 Kota Pekalongan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of TESIS_2003038007_NUR_ROHMAH] Text (TESIS_2003038007_NUR_ROHMAH)
2003038007_NUR_ROHMAH_TESIS_LENGKAP - Arifudin Miskiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di MI Daerah Binaan 1 Kota Pekalongan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah intensitas supervisi akademik kepala madrasah berpengaruh terhadap kinerja guru di MI Daerah Binaan 1 Kota Pekalongan? (2) Apakah lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di MI Daerah Binaan 1 Kota Pekalongan? (3) Apakah intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di MI Daerah Binaan 1 Kota Pekalongan? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di semua Madrasah Ibtidaiyah Daerah Binaan 1 Kota Pekalongan yang berjumlah 11 MI dengan sampel penelitian yang berjumlah 61 guru. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dan dokumen. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji prasyarat dengan uji normalitas, multikolinearitas, dan linieritas. Selanjutnya data di analisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana, uji t parsial, regresi berganda, dan uji f.
Dari hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai f hitung sebesar 33,497 > f tabel 3,15 pada taraf signifikansi 5%. Ini artinya secara simultan intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di MI Dabin 1 Kota Pekalongan. Sedangkan pengaruh variabel intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru sebesar 16,1%, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru 53,4%, serta intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 52,0%. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di MI Dabin 1 Kota Pekalongan diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Intensitas supervisi akademik kepala madrasah; Lingkungan kerja; Kinerja guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:41
Last Modified: 17 Oct 2024 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24622

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics