Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan sosial remaja putus sekolah di panti pelayanan sosial anak Wira Adhi Karya Ungaran

Rosyida, Alfatyana (2023) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan sosial remaja putus sekolah di panti pelayanan sosial anak Wira Adhi Karya Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2001016065_Alfatyana Rosyida_Skripsi Lengkap.pdf] Text
2001016065_Alfatyana Rosyida_Skripsi Lengkap.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. keterampilan sosial akan menjadi semakin penting dan krusial manakala seseorang menginjak masa remaja, karena pada masa remaja adalah masa dimana seseorang mulai memasuki dunia pergaulan yang lebih luas dan pengaruh teman dan lingkungan sosial akan sangat menentukan. Keterampilan sosial remaja dapat dikembangkan melalui banyak cara, salah satunya adalah dengan layanan bimbingan kelompok, bimbingan kelompok bisa menjadi kegiatan yang efektif dalam membangun keterampilan sosial remaja termasuk pula untuk kelompok remaja yang membutuhkan perhatian khusus yaitu remaja putus sekolah. Panti Pelayanan Sosial Anak Wira Adhi Karya Ungaran mempunyai program kegiatan layanan bimbingan kelompok yang sistematis dan terjadwal. Panti Pelayanan Sosial Anak Wira Adhi Karya Ungaran merupakan tempat yang diperuntukan untuk remaja putus sekolah atau sejenisnya. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan sosial remaja putus sekolah di Panti Pelayanan Sosial Anak Wira Adhi Karya Ungaran. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan sosial remaja putus sekolah di Panti Pelayanan Sosial Anak Wira Adhi Karya Ungaran, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, metode kuantitatif akan digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data numerik (angka) yang diproses secara statistik, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja di Panti Pelayanan Sosial Anak Wira Adhi Karya Ungaran dengan jumlah 30 remaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis dengan menggunakan metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara layanan bimbingen kelompok terhadap keterampilan sosial remaja. penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 66,1 % yang artinya variabel bimbingan kelompok memberikan kontribusi sebesar 66,1 % terhadap variabel keterampilan sosial, sedangkan sisanya sebesar 33,9 % di sebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan sosial remaja putus sekolah di Panti Pelayanan Sosial Anak Wira Adhi Karya Ungaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Konseling; Bimbingan Islam; Keterampilan Sosial; Remaja; Putus Sekolah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.2 Age group
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.5 People by social and economic levels
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 16 Oct 2024 07:41
Last Modified: 16 Oct 2024 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24631

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics