Relaksasi pembiayaan pada BPRS Artha Surya Barokah Semarang Periode (2020-2021)

Zulfirman, R. Larashati Bifa (2023) Relaksasi pembiayaan pada BPRS Artha Surya Barokah Semarang Periode (2020-2021). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036056_R. Larashati_Bifa_Zulfirman] Text (Skripsi_1805036056_R. Larashati_Bifa_Zulfirman)
1805036056_R. Larashati Bifa Z_Skripsi - Ivan Basten Sitinjak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bank Syariah adalah lembaga keuangan yang melakukan kegiatan usahanya berdasarkan dengan prinsip syariah, yaitu berupa aturan perjanjian berdasarkan hukum islam antara pihak bank dan nasabah untuk menyimpan dana atau pembiayaan kegiatan sebuah usaha atau kegiatan lainnya. Pembiayaan merupakan kegiatan utama bank dalam mendapatkan keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap adanya relaksasi pembiayaan di BPRS Artha Surya Barokah serta mengetahui dalam menentukan layak tidaknya nasabah untuk mendapatkan relaksasi dan mengatur masa relaksasi harga jual dan teknis pembayaran.
Berdasarkan hasil peneltian dapat diketahui bahwa adanya penerapan relaksasi pembiyaan yang diberikan kepada nasabah dari BPRS Artha Surya Barokah karena adanya dampak dari pandemi Covid-19 sudah sesuai. Karena dengan adanya relaksasi pembiayaan dapat meringankan perekonomian para nasabah yang terdampak covid-19 dan dapat menaikan performa terhadap perbankan. Kelayakan relaksasi pembiayaan diberikan kepada nasabah yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung. Dimulai dari mengajukan permohonan pembiayaan secara tertulis, survei hingga pencairan dana pembiayaan sudah sesuai prosedur dan syarat yang ditetapkan. Dalam masa relaksasi dan harga jual pembiayaan ditentukan setelah BPRS Artha Surya Barokah yaitu mencari informasi untuk melihat kemampuan pembayaran yang diajukan oleh nasabah. Pada saat terdampak covid-19 kemampuan dalam mengangsur akan ditinjau setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan pihak bank dan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Relaksasi pembiayaan; BPRS; bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 19 Oct 2024 01:17
Last Modified: 19 Oct 2024 01:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24672

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics