Analisis pembiayaan bermasalah dan penanganannya pada pembiayaan pekananmurabahah KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Lasem Kota

Antara, Timur Dwi (2023) Analisis pembiayaan bermasalah dan penanganannya pada pembiayaan pekananmurabahah KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Lasem Kota. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905036013_Timur_Dwi_Antara] Text (Skripsi_1905036013_Timur_Dwi_Antara)
1905036013_timur dwi antara_SKIRPSI FULL - Dwi Antara.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan pekanan Murabahah merupakan salah satu produk pembiayaan unggulan yang ada di BMT Bina Umat Sejahtera cabnag Lasem kota. Dari tahun ke tahun anggota pembiayaan pekanan murabahah ini mengalami perkembangan murabahah ini mengalami perkembangan yang pesat. Dalam sebuah pembiayaan terdapat resiko pembiayaan tersebut mengalami masalah dengan pembayaran angsuran. Maka BMT Bina Umat Sejahtera mempunyai cara menangani permasalahan tersebut. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, sumber data yang digunakan oleh penulis yaitu data primer dan data sekunder. Untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah analisis SWOT, dimana penulis menggunakan strength, weaknesses, opportunity, threats untuk menganalisis strategi yang cocok digunakan oleh BMT Bina Umat Sejahtera cabang Lasem kota dalam menangani pembiayaan bermasalah pada pembiayaan pekanan murabahah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadi pembiayaan bermasalah pembiayaan pekanan murabahah disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, dimana faktor internal ini disebabkan oleh pihak BMT Bina Umat Sejahtera cabang Lasem kota dan anggota, sedangkan faktor eksternal disebabkan oleh faktor diluar BMT Bina Umat Sejahtera cabang Lasem kota dan tidak dapat diprediksi. Analisis strategi yang digunakan oleh BMT Bina Umat Sejahtera cabang Lasem kota penulis menggukanan analisis SWOT yang menghasilkan bahwa BMT Bina Umat Sejahtera cabang Lasem kota untuk menggunakan kekuatan (streghth) dan peluang (opportunity) untuk menangani pembiayaan bermasalah pada pembiayaan pekanan murabahah ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: BMT BUS; SWOT; kredit
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 19 Oct 2024 02:12
Last Modified: 19 Oct 2024 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics