Pengaruh pengetahuan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah : studi kasus masyarakat Kota Semarang
Utari, Tri (2023) Pengaruh pengetahuan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah : studi kasus masyarakat Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905036028_Tri Utari_Lengkap Tugas Akhir - Tri Utari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Bank syariah merupakan lembaga keuangan seperti bank konvensional, tetapi bank syariah menggunakan prinsip syariah yaitu keadilan, keseimbangan dan kemaslahatan. Bank syariah berprinsip terhadap Al-Quran dan hadist dan dapat menghapus sifat riba. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat di bank syariah, populasi dalam penelitian ini ialah masyarakat Kota Semarang sebanyak 100 responden.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penentuan sampel dengan rumus slovin. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi liniear berganda yang meliputi variabel independent yaitu pengetahuan, promosi dan kualitas pelayanan, serta variabel dependent yaitu minat masyarakat menabung di bank syariah.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah. Variabel promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah. Sehingga dengan ini dapat disimpulkan secara simultan bahwa pengetahuan, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi; kualitas pelayanan; bank syariah |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 02:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24676 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year