Studi komparasi kemampuan membaca al-Qur'an siswa kelas VIII antara yang berasal dari MI dan yang berasal dari SD di MTs Yakti Tegalrejo Magelang

Mas’udi, Mas’udi (2011) Studi komparasi kemampuan membaca al-Qur'an siswa kelas VIII antara yang berasal dari MI dan yang berasal dari SD di MTs Yakti Tegalrejo Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111368-cover.pdf]
Preview
Text
093111368-cover.pdf - Accepted Version

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of 093111368-BAB 1.pdf]
Preview
Text
093111368-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 093111368-BAB II.pdf]
Preview
Text
093111368-BAB II.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 093111368-BAB 3.pdf]
Preview
Text
093111368-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 093111368-BAB 4.pdf]
Preview
Text
093111368-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 093111368-BAB 5.pdf]
Preview
Text
093111368-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 093111368-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111368-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari MI (X1) dengan siswa yang berasal dari SD (X2) di kelas VIII MTs YAKTI Tegalrejo Magelang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik komparasi, subyek penelitian sebanyak 44, yang terbagi dua kelompok. Kelompok pertama siswa yang berasal dari MI berjumlah 22 dan kelompok kedua siswa yang berasal dari SD berjumlah 22 dalam pengambilan sampel, untuk siswa yang berasal dari MI menggunakan teknik populasi, sedangkan untuk siswa yang berasal dari SD menggunakan teknik cluster sampling, pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an antara yang berasal dari MI dan yang berasal dari SD, sedangkan metode wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian bahwa: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari MI termasuk pada kategori cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 176,18 dengan nilai terendah 133 dan nilai tertinggi 237; 2) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari SD termasuk pada kategori kurang, yaitu dengan nilai rata-rata 151,32 dengan nilai terendah 121 dan nilai tertinggi 217; Terdapat perbedaan yang meyakinkan tentang kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII antara yang berasal dari MI dan yang berasal dari SD di MTs Yakti Tegalrejo Magelang, ditunjukkan oleh rumus t-score. Di mana nilai to = 14,3393 lebih besar dari t yang ada pada tabel t (df = 42) baik pada taraf signifikansi 5% =2,018 maupun pada taraf signifikansi 1% = 4,298.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:32
Last Modified: 07 Jul 2014 01:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics