Upaya meningkatkan prestasi belajar shalat melalui metode demonstrasi pada siswa kelas II di MI Nurul Huda Raji Demak tahun 2011

Ilyas, Muhammad (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar shalat melalui metode demonstrasi pada siswa kelas II di MI Nurul Huda Raji Demak tahun 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111369-cover.pdf]
Preview
Text
093111369-cover.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 093111369-BAB 1.pdf]
Preview
Text
093111369-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 093111369-BAB 2.pdf]
Preview
Text
093111369-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 093111369-BAB 3.pdf]
Preview
Text
093111369-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 093111369-BAB 4.pdf]
Preview
Text
093111369-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 093111369-BAB 5.pdf]
Preview
Text
093111369-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 093111369-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111369-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk menggambarkan proses pembelajaran shalat engan menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas II MI Nurul Huda Raji Tahun 2011.2) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pembelajaran Shalat dengan Metode Demonstrasi di Kelas II MI Nurul Huda Raji Tahun 2011 dalam peningkatan prestasi siswa. .

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui Model dokumentasi, Model observasi dan Model tes. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara indiviual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan : 1) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran PAI materi Shalat kelas II MI Nurul Huda Raji, yaitu guru harus mempersiapkan RPP dan perangkat pembelajaran dengan baik. Guru harus lebih meningkatkan motivasi peserta didik. Guru harus lebih dapat menjelaskan alur pembelajaran dengan menggunakan Model demontrasi. Guru harus mendemonstrasikan shalat secara pelan-pelan, guru menyuruh peserta didik untuk mengamati segala kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan teman yang sudah bisa. Guru harus sering berkeliling mendekati peserta didik dan mencatat kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama kegiatan demonstrasi berlangsung. Guru mengisi Lembar Observasi Siswa, 2) Hasil belajar peserta didik sebelum Metode Demonstrasi pada mata pelajaran PAI materi Shalat kelas II MI Nurul Huda Raji belum memenuhi standar KKM (kriteria ketuntasan minimal), namun setelah diterapkan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran PAI materi Shalat kelas II MI Nurul Huda Raji, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Terjadinya peningkatan karena tindakan kelas yang dilakukan oleh guru pada Metode Demonstrasi pada mata pelajaran PAI materi Shalat kelas II MI Nurul Huda Raji. Terlihat bahwa pada siklus kedua telah mengalami peningkatan yaitu telah mencapai tingkat sempurna, pada siklus I yaitu mencapai 60 % atau sebanyak 23 peserta didik yang tuntas belajar dan meningkat pada siklus II ada 88,5% atau 33 peserta didik yang tuntas belajarnya. Ini artinya metode demontrasi yang digunakan dalam pembelajaran materi shalat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik..

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Shalat; Metode Pembelajaran; Demonstrasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:31
Last Modified: 07 Jul 2014 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics