Pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap academic burnout pada siswa full day school SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang
Maulida, Eha Rizqi (2024) Pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap academic burnout pada siswa full day school SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1907016019_Eha Rizqi Maulida_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Academic burnout merupakan kondisi ketegangan psikologis individu yang ditandai dengan stres akibat banyaknya tuntutan pembelajaran yang membuat individu tersebut merasakan kelelahan fisik, kelelahan emosional, dan munculnya perasaan tidak terampil sebagai siswa. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap academic burnout pada siswa full day school SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, subjek dalam penelitian berjumlah 233 siswa dari keseluruhan populasi sebanyak 662 siswa, kemudian teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling. Kemudian dalam menentukan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan tabel perhitungan menurut Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga skala, di antaranya yaitu skala academic burnout, skala dukungan sosial, dan skala kecerdasan emosi. Metode yang digunakan dalam analisis data pada penelitian ini yaitu uji asusmi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa dukungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap academic burnout dengan hasil nilai 0,015 < 0,05. Dukungan sosial memberikan sumbangan pengaruh terhadap academic burnout sebesar 15,0%. Kemudian kecerdasan emosi juga berpengaruh secara signifikan terhadap academic burnout dengan hasil nilai 0,000 < 0,05. Kecerdasan emosi menyumbangkan pengaruh terhadap academic burnout sebesar 22,6%. Kemudian secara simultan, dukungan sosial dan kecerdasan emosi berpengaruh terhadap academic burnout dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 serta dukungan sosial dan kecerdasan emosi secara simultan menyumbangkan pengaruh terhadap academic burnout sebesar 24,6% . Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap academic burnout pada siswa full day school SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan sosial; Kecerdasan emosi; Academic burnout |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 00:52 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 00:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24694 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year