Pengembangan e-booklet keanekaragaman mollusca di Pantai Benteng Portugis Jepara sebagai sumber belajar biologi kelas X SMA

Fathiyah, Maulidatul (2023) Pengembangan e-booklet keanekaragaman mollusca di Pantai Benteng Portugis Jepara sebagai sumber belajar biologi kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086040_Maulidatul_Fathiyah] Text (Skripsi_1708086040_Maulidatul_Fathiyah)
Skripsi_1708086040_Maulidatul_Fathiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran biologi yang terjadi selama ini menjadi tantangan bagi guru biologi untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan meningkatkan nilai KKM. Faktor untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah melalui media dan sumber belajar. E-booklet merupakan salah satu sumber belajar yang mempunyai desain dan gambar menarik yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi. Pantai Benteng Portugis Jepara merupakan salah satu sumber belajar yang menyajikan berbagai makhluk hidup seperti kerang dan keong yang termasuk ke dalam filum Mollusca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan karakteristik pengembangan e-booklet sebagai sumber belajar biologi siswa kelas X SMA serta menjelaskan kelayakan e-booklet sebagai sumber belajar biologi siswa kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Donorojo Jepara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, identifikasi, wawancara, dan lembar kuisioner. Hasil penelitian pengembangan produk e-booklet melalui tahap validasi oleh validator ahli materi dan ahli media serta tanggapan guru biologi. Hasil validasi dari ahli materi memiliki nilai sebesar 83,47% (sangat layak), hasil ahli media memiliki nilai sebesar 78,60%, (layak) dan tanggapan guru biologi memiliki nilai sebesar 72,94% (layak). Kemudian hasil uji coba kelayakan siswa mendapatkan persentase sebesar 89,61% yang mempunyai kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-booklet; Sumber belajar; Mollusca; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 590 Animals (Zoological sciences) > 594 Mollusca and Molluscoidea
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:09
Last Modified: 21 Oct 2024 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics