Pengembangan e-modul materi genetika terintegrasi nilai-nilai Islam untuk memberdayakan minat belajar siswa
Maharani, Anis Kamila (2023) Pengembangan e-modul materi genetika terintegrasi nilai-nilai Islam untuk memberdayakan minat belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808086032_Anis_Kamila_Maharani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Materi genetika merupakan salah satu materi abstrak pada pelajaran biologi. Materi abstrak pada pelajaran biologi merupakan materi yang sulit untuk dipahami karena tidak dapat dibuktikan secara secara langsung. Sulitnya memahami materi pelajaran genetika menjadikan rendahnya minat belajar siswa. Minat belajar yang rendah sebab pada proses pembelajaran siswa merasa bosan sehingga sulit untuk memahami materi pelajaran. Tuntutan tujuan pendidikan nasional serta kemungkinan potensi siswa dengan bersekolah di ranah pendidikan berbasis islam, bisa lebih mudah untuk memahami materi yang terintegrasikan nilai islam serta mampu menekan permasalahan moral siswa pada zaman sekarang. Solusi dari adanya masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul materi genetika terintegrasi nilai-nilai Islam yang mampu menunjang kekurangan siswa dalam proses pembelajaran sehingga mampu belajar secara mandiri di rumah dan dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran genetika. Penelitian ini berfokus pada pengembangan e-modul materi genetika terintegrasi nilai-nilai Islam untuk memberdayakan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). E-modul dapat diakses dengan Heyzine flipbooks yang telah didesain dan dikembangkan dan telah divalidasi oleh tiga ahli. Ahli media memberikan skor 71,6%, ahli integrasi memberikan skor 83,3%, dan ahli materi memberikan skor 91,5% serta guru biologi di MA S NU Demak memberikan skor 87,5%. Hasil uji coba skala kecil mendapatkan persentase 81,2%. Rata-rata Hasil validasi keseluruhan yaitu 83,02% dengan interpretasi sangat layak, sehingga e-modul dapat digunakan atau layak diuji cobakan dalam proses pembelajaran materi genetika untuk memberdayakan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; Minat belajar; Genetika; Integrasi nilai Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 576 Genetics and evolution |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:49 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24711 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year