Studi meta-analisis pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar biologi

Aris, Ismi Hidayati (2022) Studi meta-analisis pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086038_Ismi_Hidayati_Aris] Text (Skripsi_1808086038_Ismi_Hidayati_Aris)
Skripsi_1808086038_Ismi_Hidayati_Aris.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hasil survei PISA pada tahun 2018 memaparkan bahwa hasil belajar biologi peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-74 dari 79 negara. Salah satu upaya yang dapat membantu memberdayakan dan memaksimalkan hasil belajar biologi adalah menerapkan model pembelajaran learning cycle. Banyaknya penelitian yang membahas penerapan model learning cycle untuk memaksimalkan hasil belajar biologi sehingga menjadi dasar untuk melakukan studi ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar biologi berdasarkan nilai effect size ditinjau dari jenjang pendidikan dan jenis materi yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode meta analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle ditinjau dari jenjang pendidikan memiliki nilai effect size paling tinggi sebesar 0,675 membuktikan learning cycle berpengaruh positif dan lebih efektif digunakan pada jenjang pendidikan SMP. Model pembelajaran learning cycle ditinjau dari jenis materi yang digunakan memiliki nilai effect size paling tinggi sebesar 1,693 membuktikan bahwa learning cycle berpengaruh positif dan lebih efektif digunakan pada materi sistem pernapasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Meta analysis; Model pembelajaran; Hasil belajar; Biologi; Learning cycle
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:23
Last Modified: 22 Oct 2024 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24713

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics