Minat belajar siswa kelas X pada pembelajaran biologi menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar dengan model kooperatif jigsaw

Firdaus, Anisa (2023) Minat belajar siswa kelas X pada pembelajaran biologi menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar dengan model kooperatif jigsaw. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086051_Anisa_Firdaus] Text (Skripsi_1808086051_Anisa_Firdaus)
Skripsi_1808086051_Anisa_Firdaus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Biologi dan menganalisis minat belajar siswa menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siswa kelas X IPA di MA NU Nurul Huda Semarang. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik trianguasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, teks wawancara, dan angket. Hasil pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan JAS dengan model kooperatif jigsaw sangat cocok diterapkan pada materi-materi yang mempelajari konsep-konsep yang mudah diamati di alam sekitar contohnya pada plantae, karena daerah yang strategis dan lingkungan yang terdapat anekaragam tumbuhan. Hasil minat belajar siswa ketika menggunakan pendekatan JAS dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian dan pengamatan yang menunjukkan nilai rata-rata minat belajar awal X IPA 1 yaitu 75,4, minat belajar akhir yaitu 81. Nilai rata-rata minat belajar awal X IPA 2 yaitu 74,5, minat belajar akhir yaitu 77,6 dan persentase pada tiga pertemuan indikator perasaan senang 85%, ketertarikan 89%, perhatian 92%, keterlibatan 95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa menggunakan Pendekatan JAS dengan Model Kooperatif Jigsaw mampu meningkatan minat belajar siswa kelas X IPA di MA NU Nurul Huda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Model pembelajaran; Jelajah Alam Sekitar (JAS); Kooperatif Tipe Jigsaw; Plantae
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:28
Last Modified: 22 Oct 2024 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics