Pengaruh penerapan model pembelajaran collaborative discovery learning berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, and Society) pada materi virus terhadap tingkat keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan siswa kelas X
Intishar, Sarisawati (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran collaborative discovery learning berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, and Society) pada materi virus terhadap tingkat keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan siswa kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808086057_Sarisawati_Intishar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 tidak hanya berfokus pada literasi dasar tetapi kompetensi dan kualifikasi diri siswa juga dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran collaborative discovery learning berbasis I-SETS pada materi virus terhadap tingkat keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan siswa kelas X. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, metode kuasi eksperimen, pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan kelas X-7 sebagai kelas eksperimen (CDL berbasis I-SETS) dan kelas X-9 sebagai kelas control (Konvensional-DL). Pada pembelajaran biologi materi virus dilaksanakan diskusi kelompok mengenai pengetahuan virus yang berkaitan dengan nilai-nilai I-SETS. Hasil penelitian keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan tingkat F= 7.236 dengan tingkat signifikansi p= 0,009 (p<0,05) untuk keterampilan kolaborasi dan tingkat F= 6.080 dengan tingkat signifikansi p= 0,016 (p<0,05) untuk keterampilan kepemimpinan. Tingkat tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak, artinya dengan mengontrol pretest keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan awal, terdapat perbedaan tingkat keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan siswa antara model CDL berbasis I-SETS dengan Konvensional-DL. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran collaborative discovery learning berbasis I-SETS pada materi virus berpengaruh terhadap tingkat keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan siswa kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Collaborative discovery learning; I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology and Society); Virus; Kolaborasi; Kepemimpinan; Siswa SMA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 00:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 00:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24719 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year