Pengaruh model pembelajaran point counter point berbantu media pop up book terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA

Oktavia, Ani (2023) Pengaruh model pembelajaran point counter point berbantu media pop up book terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086072_Ani_Oktavia] Text (Skripsi_1908086072_Ani_Oktavia)
Skripsi_1908086072_Ani_Oktavia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Peserta didik harus memiliki kemampuan abad 21 untuk menghadapi tantangan dan persaingan yang muncul dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu, proses pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan 4C diantaranya keterampilan berfikir kritis dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran berbantu media yang dianggap relevan pada penelitian ini yaitu Point Counter Point berbantu media Pop Up Book. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA, (2) menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book terhadap keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel dengan peserta didik kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan soal pretest-posttest. Uji hipotesis yang digunakan yaitu anacova. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) penerapan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000, (2) penerapan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Point counter point; Pop up book; Berpikir kritis; Komunikasi; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:50
Last Modified: 24 Oct 2024 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24735

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics