Pengaruh model pembelajaran point counter point berbantu media pop up book terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA
Oktavia, Ani (2023) Pengaruh model pembelajaran point counter point berbantu media pop up book terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908086072_Ani_Oktavia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Peserta didik harus memiliki kemampuan abad 21 untuk menghadapi tantangan dan persaingan yang muncul dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu, proses pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan 4C diantaranya keterampilan berfikir kritis dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran berbantu media yang dianggap relevan pada penelitian ini yaitu Point Counter Point berbantu media Pop Up Book. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA, (2) menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book terhadap keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel dengan peserta didik kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan soal pretest-posttest. Uji hipotesis yang digunakan yaitu anacova. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) penerapan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000, (2) penerapan model pembelajaran Point Counter Point berbantu media Pop Up Book berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X MA. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Point counter point; Pop up book; Berpikir kritis; Komunikasi; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24735 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year