Pengaruh model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berbantu mind map terhadap keterampilan literasi informasi dan daya retensi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X

Alim, Anis Nastiti Zahrotul (2023) Pengaruh model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berbantu mind map terhadap keterampilan literasi informasi dan daya retensi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086075_Anis_Nastiti_Zahrotul_Alim] Text (Skripsi_1908086075_Anis_Nastiti_Zahrotul_Alim)
Skripsi_1908086075_Anis_Nastiti_Zahrotul_Alim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi di abad 21 memberi pengaruh terhadap bidang pendidikan yaitu pada proses pembelajaran. Peserta didik perlu dibekali dengan keterampilan dasar yaitu keterampilan literasi informasi yang berkaitan dengan daya retensi. Model pembelajaran TSTS berbantu mind map efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi informasi dan daya retensi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TSTS berbantu mind map terhadap keterampilan literasi informasi dan daya retensi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain pre-test, post-test, dan re-test control group. Teknik sampling menggunakan metode purpossive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X-8 sebagai kelas kontrol dan kelas X-7 sebagai kelas eksperimen. Instrumen keterampilan literasi infomasi menggunakan angket, sedangkan instrumen untuk daya retensi menggunakan pre-test, post-test, dan re-test. Uji hipotesis keterampilan literasi informasi dan daya retensi menggunakan Uji Anakova dengan nilai signifikansi 0,000 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TSTS berbantu mind map berpengaruh signifikan terhadap keterampilan literasi informasi dan daya retensi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X karena nilai signifikansi hasil uji anakova 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi informasi; Mind map; Two Stay Two Stray; Daya retensi; Model pembelajaran; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:06
Last Modified: 24 Oct 2024 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24736

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics