Pengembangan e-book petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA SMA N 15 Semarang

Ontowiryo, Moch. Alawi Dimas (2023) Pengembangan e-book petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA SMA N 15 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086080_Moch._Alawi_Dimas_Ontowiryo] Text (Skripsi_1908086080_Moch._Alawi_Dimas_Ontowiryo)
Skripsi_1908086080_Moch._Alawi_Dimas_Ontowiryo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran biologi dapat berupa kegiatan praktikum yang membutuhkan petunjuk praktikum sebagai panduan kegiatan. Proses pembelajaran melalui kegiatan praktikum akan berjalan sesuai tujuan dengan faktor penunjang berupa petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Petunjuk praktikum yang dibentuk dalam model E-book akan memberikan kelebihan dalam hal kepraktisan dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) desain pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara dan angket. Hasil desain pengembangan E-book petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing ini berisi materi sel, jaringan tumbuhan, jaringan hewan, dan sistem pencernaan. Hasil pengembangan E-book petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing di validasi oleh ahli media 93% (sangat layak), ahli materi 96% (sangat layak), dan ahli metodologi pembelajaran 95% (sangat layak). Dari ketiga validator dapat diambil nilai rata-rata sebesar 94%, sehingga E-book petunjuk praktikum berbasisi inkuiri terbimbing dapat dikriteriakan “sangat layak” untuk diujikan. Hasil uji keterbacaan pada guru biologi SMA N 15 Semarang mendapatkan skor 100% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan pada siswa kelas XI MIPA SMA N 15 Semarang menggunakan 20 siswa yaitu 10 siswa kelas XI MIPA 5 dan 10 siswa kelas XI MIPA 6 mendapatkan hasil nilai rata-rata 80% dengan kriteria “layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Biologi; E-book; Petunjuk praktikum; Inkuiri terbimbing
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:30
Last Modified: 24 Oct 2024 07:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics