Meta-analisis : pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi biologi

Wartini, Wartini (2023) Meta-analisis : pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086084_Wartini] Text (Skripsi_1908086084_Wartini)
Skripsi_1908086084_Wartini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan proses sains (KPS) mempunyai peran penting sebagai modal dasar seseorang untuk memecahkan masalahnya di kehidupan sehari-hari. Namun beberapa penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa masih dalam tahap rendah hingga sedang. Model discovery learning dapat dijadikan alternatif meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Banyak peneliti yang sudah menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan meta-analisis mengenai besaran pengaruh effect size model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains ditinjau berdasarkan jenjang pendidikan, materi, dan jenis metode pembelajaran. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan metode meta-analisis. Penelitian ini menggunakan 15 artikel jurnal/skripsi dengan rentang tahun 2013-2023 . Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan cara pengkodean dan pengukuran effect size. Hasil penelitian yaitu: (1) berdasarkan jenjang pendidikan, besar effect size yang diperoleh pada jenjang SMP sebesar 0,357 yang termasuk dalam kategori efek besar, pada jenjang SMA diperoleh rerata effect size sebesar 0,455 yang termasuk dalam kategori besar. (2) berdasarkan materi, terdapat 12 materi dengan rerata effect size sebesar 0,343 yang termasuk dalam kategori besar. (3) berdasarkan jenis metode pembelajaran, terdapat 7 jenis metode yang digunakan dengan rerata effect size sebesar 0,415 yang termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; Model pembelajaran; Discovery learning; Meta-analisis; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:18
Last Modified: 24 Oct 2024 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics