Pengembangan instrumen tes tertulis bermuatan computational thinking pada materi biologi semester I kelas XII SMA/sederajat

Ropiah, Siti (2024) Pengembangan instrumen tes tertulis bermuatan computational thinking pada materi biologi semester I kelas XII SMA/sederajat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086094_Siti_Ropiah] Text (Skripsi_1908086094_Siti_Ropiah)
Skripsi_1908086094_Siti_Ropiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengembangkan kurikulum untuk pemulihan pembelajaran yang mencakup computational thinking sebagai salah satu kompetensi yang perlu dikuasai oleh siswa. Peneliti mengembangkan instrumen tes tertulis bermuatan computational thinking pada materi Biologi untuk mengenalkan dan melatihkan berpikir komputasional kepada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development), dengan menggunakan metode pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yaitu model pengembangan 4D (four-D). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahapan, yaitu; Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan analisis data kualitatitif dan kuantitatif. Instrumen tes tertulis yang dikembangkan berjumlah 20 butir soal terdiri atas 18 butir soal pilihan ganda dan 2 butir soal essay. Setiap butir soal yang dikembangkan memuat salah satu indikator CT yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritma. Kualitas instrumen tes tertulis bermuatan computational thinking berdasarkan penilaian tim validator pada aspek materi, konstruksi soal dan bahasa diperoleh hasil validitas isi dengan jumlah rata-rata total sebesar 0,88. Berdasarkan kriteria validitas Aiken V, nilai validitas sebesar 0,88 termasuk kedalam kriteria sangat valid. Skor yang diperoleh siswa pada uji coba produk dilakukan pengujian validitas empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil uji validitas butir soal yaitu diperoleh butir soal yang memenuhi kriteria valid berjumlah 15 (lima belas) butir soal dan butir soal yang termasuk kriteria tidak valid berjumlah 5 (lima) butir soal. Instrumen tes tertulis yang dikembangkan pada uji reliabilitas diperoleh hasil bahwa Cronbach alpha > 0,60, maka butir soal memiliki derajat reliabilitas tinggi. Hasil yang diperoleh pada uji tingkat kesukaran yaitu butir soal yang memiliki tingkat mudah berjumlah 1 (satu) butir soal, tingkat sedang berjumlah 11 (sebelas) butir soal dan tingkat sukar berjumlah 8 (delapan) butir soal. Dan hasil uji daya beda soal yaitu daya pembeda yang dikategorikan sangat baik berjumlah 3 (tiga) butir soal, kriteria baik berjumlah 9 (sembilan) butir soal, kriteria cukup berjumlah 6 (enam) butir soal dan kriteria lemah berjumlah 2 (dua) butir soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tes tertulis; Instrumen tes; Computational thinking; Biologi; Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:56
Last Modified: 24 Oct 2024 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24747

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics