Pengaruh model learning cycle 5E dengan strategi question student have terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA
Saputra, Cahya Reha (2023) Pengaruh model learning cycle 5E dengan strategi question student have terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908086095_Cahya_Reha_Saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Di zaman sekarang, kita dihadapkan pada masalah yang semakin kompleks. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan keterampilan abad 21, diantaranya keterampilan bertanya dan kemampuan berpikir kritis yang berguna untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan Model Learning Cycle 5E dengan strategi Question Student Have terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran Biologi kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen mengikuti pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 5E dengan strategi Question Student Have, serta kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan dua kali pengujian yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Learning Cycle 5E dengan strategi Question Student Have memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran Biologi di tingkat SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Learning Cycle 5E; Question student have; Berpikir kritis; Keterampilan bertanya; Siswa SMA; Pembelajaran biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 09:07 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 09:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24748 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year