Upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui strategi reading aloud pada mata pelajaran SKI pokok bahasan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah kelas VII MTs Al-Munir Bandongan Magelang
Ihsanudin, Nur (2011) Upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui strategi reading aloud pada mata pelajaran SKI pokok bahasan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah kelas VII MTs Al-Munir Bandongan Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111383-cover.pdf - Accepted Version
Download (580kB) | Preview
093111383-BAB 1.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
093111383-BAB 2.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
093111383-BAB 3.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
093111383-BAB 4.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
093111383-BAB 5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
093111383-bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan penggunaan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran SKI pokok bahasan Dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah Kelas VII M.Ts. Al-Munir Bandongan Magelang. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi
Hasil dari masing-masing siklus berbeda pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 69,1 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 26,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa belum memenuhi target yang diharapkan. Pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa sebesar 75,4 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 83,3%. Setelah pelaksanaan siklus II yang prestasinya mampu mencapai target yang diinginkan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Reading Aloud dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI pokok bahasan Dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah pada Kelas VII M.Ts. Al-Munir Bandongan Magelang.walaupun menggunakan strategi yang sama dapat menghasilkan prestasi yang berbeda maka peneliti memberikan saran agar semua pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik harus juga dilaksanakan dengan tepat sesuai rencana yang ada, disamping itu pendidik juga harus memperhatikan semua faktor yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran.
Harapan dari peneliti semoga apa yang telah ditulis pada skripsi ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi peneliti, mahasiswa, guru dan umumnya bagi perkembangan pendidikan di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Reading Aloud; Hasil Belajar; Dakwah Nabi Muhammad |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Jul 2014 07:17 |
Last Modified: | 04 Jul 2014 07:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2476 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year