Pengaruh trustworthiness dan self esteem terhadap perilaku konsumtif produk kecantikan pada mahasiswi Jurusan Psikologi UIN Walisongo Semarang
Aska, Nurul (2023) Pengaruh trustworthiness dan self esteem terhadap perilaku konsumtif produk kecantikan pada mahasiswi Jurusan Psikologi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1907016054_Nurul Aska_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Standar kecantikan saat ini menjadi perhatian utama di kalangan mahasiswi, standar kecantikan yang dimiliki mahasiswi dapat ditentukan oleh media sosial dan lingkungannya. Hal ini mengakibatkan peningkatan pembelian produk kecantikan secara berlebihan untuk mencapai standar kecantikan hingga terbentuknya perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh trustworthiness dan self esteem terhadap perilaku konsumtif produk kecantikan pada mahasiswi jurusan psikologi UIN Walisongo Semarang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 83 mahasiswi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian kausal. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tiga skala sebagai alat ukur yaitu skala trsutworthiness, skala self esteem dan skala perilaku konsumtif. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh trustworthiness terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai R Square 0,310 atau 31%, terdapat pengaruh self esteem terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai R Square 0,179 atau 17,9%, serta terdapat pengaruh trustworthiness dan self esteem terhadap perilaku konsumtif produk kecantikan pada mahasiswi jurusan psikologi UIN Walisongo Semarang dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai R Square 0,373 atau 37,3%. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas pembahasan penelitian dengan tambahan variabel yang mungkin berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterpercayaan; Harga diri; Perilaku konsumtif |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 04:24 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 04:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24773 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year