Penerapan pembelajaran kontekstual dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V SDN Karangasem 01 Sayung Demak tahun pelajaran 2010/2011
Mujib, Ahmad (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V SDN Karangasem 01 Sayung Demak tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111393-COVER.pdf - Accepted Version
Download (583kB) | Preview
093111393-BAB 1.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
093111393-BAB 2.pdf - Accepted Version
Download (141kB) | Preview
093111393-BAB 3.pdf - Accepted Version
Download (99kB) | Preview
093111393-BAB 4.pdf - Accepted Version
Download (97kB) | Preview
093111393-BAB 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
093111393-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (21kB) | Preview
Abstract
Pendidikan Agama Islam di sekolah atau di madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan. Seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang Agama Islam.” Mayoritas metode pembelajaran agama Islam selama ini lebih ditekankan pada hafalan, akibatnya peserta didik kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi PAI yang menyebabkan tidak adanya motivasi peserta didik untuk belajar materi PAI. Melihat kenyataan yang ada di lapangan, sebagian besar teknik dan suasana pengajaran di sekolah-sekolah yang digunakan oleh guru cenderung monoton dan membosankan. Sehingga menurunkan motivasi belajar siswa. Kondisi ini pada gilirannya berdampak pada prestasi belajar. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari PAI yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi peserta didik untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran kontekstual. Dengan penggunaan model pembelajaran ini diharapkan materi pelajaran PAI dapat mudah dipahami dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran PAI.
Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah skenario penerapan pembelajaran kontekstual dalam upaya meningkatkan prestasi belajar PAI pada peserta didik kelas V SDN Karangasem 01? (2) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada peserta didik kelas V SDN Karangasem 01?
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangasem 01 Sayung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) dengan jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) dokumentasi dan (3) tes hasil belajar. Data yang diperoleh dari tindakan kemudian dianalisis. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang dikumpulkan berupa angka atau data kuantitatif, cukup dengan menggunakan analisis deskriptif dan sajian visual.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN Karangasem 01 Sayung pada bidang studi PAI. Indikator peningkatan motivasi belajar peserta didik terlihat dari bertambahnya semangat dan antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, mereka selalu menampakkan rasa gembira dan senang selama mengikuti pembelajaran dan besarnya rasa ingin tahu mereka yang diaplikasikan dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan apabila ada materi yang kurang dipahami oleh mereka. Dari data di lapangan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik yang semula rata-rata pra siklus sebesar 58.6% meningkat menjadi 73.96% atau meningkat sekitar 26.21% pada siklus I, pada siklus II lebih meningkat menjadi 90.2% atau meningkat sekitar 53.9%. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa, maka prestasi belajar mereka juga meningkat, yang semula nilai rata-rata pre test/pra siklus 68,40 meningkat menjadi 74.5 atau sekitar 8.9 % pada siklus I, pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 81.98 atau sekitar 21,95%,
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran kontekstual perlu diterapkan pada bidang studi PAI, agar guru senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dalam tindakan pengajarannya guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pengaruh pendidikan kontekstual terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Jul 2014 07:25 |
Last Modified: | 04 Jul 2014 07:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2481 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year