Pengaruh persepsi social media marketing dan persepsi teknik copywriting terhadap keputusan pembelian layanan konseling PT Riliv Psikologi Indonesia (RILIV)
Subarkah, Arfi (2023) Pengaruh persepsi social media marketing dan persepsi teknik copywriting terhadap keputusan pembelian layanan konseling PT Riliv Psikologi Indonesia (RILIV). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1707016062_Arfi Subarkah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh persepsi social media marketing dan persepsi teknik copywriting sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian sebagai variabel dependen pada pengguna layanan konseling PT Riliv Psikologi Indonesia (Riliv) di kota Semarang, Jawa Tengah. Variabel pada penelitian ini adalah persepsi social media marketing (X1), persepsi teknik copywriting (X2), dan keputusan pembelian (Y). Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara persepsi social media marketing dan persepsi teknik copywriting terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS. Peneliti menggunakan non-probability sampling untuk pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diujikan kepada 100 responden yang pernah menggunakan layanan konseling Riliv, berusia 20-34 tahun dan berdomisili di kota Semarang. Instrumen penelitian ini diukur menggunakan tiga skala yaitu skala persepsi social media marketing, skala teknik copywriting, dan skala keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan analisis uji t parsial pada variabel persepsi social media marketing nilai t hitung adalah 3,564 > 1,984 (t tabel) yang artinya secara parsial persepsi social media marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, pada variabel persepsi teknik copywriting menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 9,238 > 1,984 (t tabel) yang artinya secara parsial persepsi teknik copywriting memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, pada uji F simultan menunjukkan bahwa nilai F hitung adalah 524,639 > 3,09 (F tabel) yang berarti secara simultan persepsi social media marketing dan persepsi teknik copywriting berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, dalam penelitian ini dinyatakan bahwa persepsi social media marketing dan persepsi teknik copywriting sebagai variabel independen telah memberikan sumbangsih sebesar 91,4% terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan melalui hasil koefisien determinasi di mana diketahui bahwa nilai Adjusted R2 adalah 0,914.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi; Social media; Marketing;Teknik copywriting; Keputusan pembeli |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 01:15 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 01:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24850 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year