Pengaruh antara self management dan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang
Hidayat, Muhammad Arif (2023) Pengaruh antara self management dan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1707016048_Muhammad Arif Hidayat_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pentingnya kedisiplinan dalam membentuk perilaku baik pada anak-anak dapat dianggap sebagai alat pembelajaran untuk mengajarkan individu mematuhi aturan dan berperilaku yang benar. Kedisiplinan dipengaruhi oleh dua macam faktor yaitu faktor self management dan konformitas teman sebaya. Self management menjadi sebuah proses transformasi keseluruhan individu dari segi intelektual, emosional, spiritualitas, psikis agar dapat meraih tujuan-tujuan pribadi yang diinginkan. Faktor lain dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya yang berasal dari sekumpulan anak-anak dengan kesamaan dalam minat dan nilai-nilai serta sifat kepribadian tertentu. Faktor-faktor tersebut menjadi penentu utama daya tarik hubungan antarpersonal bagi anak-anak dalam lingkup usia yang sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif regresional dengan tujuan untuk menguji secara empiris mengenai hubungan antara self management dan konformitas teman sebaya dengan kedisiplinan pada siswa SMA Negeri 2 Semarang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu pengaruh antara self management dan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan pada siswa sekolah menengah atas negeri 2 semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah populasi sebesar 1278 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala self management, konformitas teman sebaya, dan kedisiplinan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian melalui analisis regresi sederhana pertama yaitu self management terhadap kedisiplinan yang nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung sebasar 4,238 > 1.984 (t tabel). Sehingga dapat diartikan bahwa variabel self manajement bepengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan. Analisis regresi sederhana kedua yaitu konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan yang nilai signifikansinya sebesar 0,000 T hitung 8,743 > 1.651 (t tabel). Sehingga dapat diartikan bahwa variabel konformitas teman sebaya bepengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan. Analisis regresi berganda variabel self manajement dan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung (73,543) > 3.09 (F Tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self management dan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa self management dan konformitas tema sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa. Sehingga, baik guru, siswa, maupun orang tua dapat memperhatikan management diri siswa dan faktor sosial siswa agar dapat menjadi siswa yang disiplin saat melaksanakan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konformitas; Teman sebaya; Kedisiplinan;, Self manajement |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 01:22 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 01:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24851 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year