Hubungan persepsi pada pelayanan dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak
Khamdanah, Amaliya (2023) Hubungan persepsi pada pelayanan dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1607016067_Amaliya Khamdanah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Setiap daerah mempunyai perustakaan umum seperti halnya dengan Kabupaten Demak yang memiliki Perpustakaan Umum Kabupaten Demak. Perpustakaan tersebut menjadi tempat fasilitas publik sekaligus penunjang dalam mencari bahan literasi, informasi, maupun sarana hiburan bagi masyarakat Demak dan sekitarnya. Berbagai jenis pelayanan yang ditawarkan, antara lain layanan baca, pelayanan sirkulasi, referensi, internet, perpustakaan digital, dan perpustakaan keliling. Pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan mempunyai persepsi terkait pelayanan sehingga mempengaruhi tingkat kepuasan pemustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hubungan persepsi pada pelayanan dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak. Subjek pada penelitian ini berjumlah 135 responden yang ditemui secara acak di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak dengan spesifikasi rentang usia 10-65 tahun. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert yaitu skala kepuasan pemustaka dengan jumlah item 36 dan skala persepsi pelayanan dengan jumlah 35 item. Metode analisis data yang digunakan adalah metode korelasi pearson product moment. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi pelayanan dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Umum Kabupaten Demak dengan nilai signifikasi 0,000 atau p<0,05 dan nilai koefisien korelasi r=0,541 yang berarti tingkat koefisiensi yang cukup kuat. Semakin tinggi tingkat persepsi pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pemustaka, sebaliknya jika semakin rendah tingkat persepsi pelayanan maka semakin rendah kepuasan pemustaka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi pelayanan; Kepuasan pemustaka; Perpustakaan umum |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:30 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24857 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year