Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam belajar pada siswa kelas XII SMAN 11 Kabupaten Tangerang
Raspati, Imam (2023) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam belajar pada siswa kelas XII SMAN 11 Kabupaten Tangerang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1607016028_Imam Raspati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Motivasi adalah dorongan internal atau eksternal yang mendorong seseorang untuk bertindak, merencanakan, dan mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas XII di SMAN 11 Kabupaten Tangerang dalam belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendeatan deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik, seperti pengaruh positif guru, kegunaan materi, belajar mandiri, kolaborasi, dan lingkungan yang mendukung, berkontribusi terhadap motivasi, komitmen, dan inisiatif siswa dalam belajar. Temuan ini dikaitkan dengan beberapa teori motivasi, seperti Teori Motivasi Maslow, Teori Herzberg, Teori McGregor, Teori Vroom, Teori Achievement McClelland, dan Teori Penetapan Tujuan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik dan pembimbing dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi siswa; Faktor motivasi; Kepuasan siswa; Belajar |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:53 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24860 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year