Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pengguna mobile banking dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Angkatan 2019-2022
Zaenun, Laela Tri (2023) Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pengguna mobile banking dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Angkatan 2019-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905036103_Laela Tri Zaenun_Lengkap Tugas Akhir - Laela Tri Zaenun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (16MB)
Abstract
Kemajuan teknologi pada sektor perbankan harus selalu dikembangkan agar memberikan kemudahan bagi nasabah, salah satunya adalah layanan mobile banking. Layanan BSI Mobile diluncurkan oleh Bank Syariah Indonesia pada tahun 2021. Layanan perbankan digital BSI Mobile diluncurkan agar teknologi pada sektor perbankan tidak tertinggal oleh zaman. Loyalitas nasabah akan tercipta dengan adanya kualitas layanan yang baik. Penelitian ini terfokus pada variabel kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pengguna mobile bangking dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Adapun objek Penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam angkatan 2019-2022 yang berpopulasi 2.022 orang. Pengukuran sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang ada sesuai kriteria sehingga mendapat responden berjumlah 106 orang. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS vesri 22.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 4,134 > 1,9832 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil uji t sebesar 9,344 > 1,9830 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile dengan hasil uji t sebesar 2,573 > 1,9832 dan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Kepuasan nasabah dapat memediasi pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil dari uji sobel thitung 2,527 > dari ttabel 1,9832.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas layanan; kepuasan nasabah; loyalitas; BSI; mobile bank |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:37 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24897 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year