Pengaruh pengetahuan tentang produk perbankan syariah dan motivasi mahasiswa terhadap minat bertransaksi di bank syariah : studi kasus pada mahasiswa s1 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2020
Savira, Nilla (2023) Pengaruh pengetahuan tentang produk perbankan syariah dan motivasi mahasiswa terhadap minat bertransaksi di bank syariah : studi kasus pada mahasiswa s1 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905036108_Nilla Savira_Lengkap Tugas Akhir - Nilla Savira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Perbankan syariah adalah sebuah badan usaha yang bergerak dalam sektor jasa yang berprinsip syariah. Perbankan syariah nasional dalam dekade terakhir ini terus menunjukkan pertumbuhan yang positif yang terlihat dari volume usaha yang terus tumbuh, dana investasi dan dana titipan masyarakat serta penyaluran pembiayaan yang terus meningkat. Minat merupakan kecenderungan untuk memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. Seseorang yang berminat terhadap sesuatu berarti seseorang itu akan menyukainya. Faktor yang mendasari minat diantaranya yaitu pengetahuan, dan motivasi yang dimiliki oleh orang tersebut, dengan sendirinya pengetahuan akan muncul apabila seseorang menggunakan akalnya. Motivasi merupakan bentuk kekuatan atau dorongan dari dalam diri individu yang memaksa untuk melakukan tindakan. Apabila seseorang mempunyai motivasi yang tinggi terhadap suatu objek maka seseorang tersebut secara otomatis akan terdorong untuk menggunakan produk tersebut. Banyak mahasiswa S1 Perbankan Syariah angkatan 2019 dan 2020 yang mempunyai rekening bank syariah dan bank konvensional namun saat bertransaksi sering menggunakan bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang produk perbankan syariah dan motivasi mahasiswa terhadap minat bertransaksi di bank syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis sumber data primer dan sekunder, dengan jumlah populasi 244 dan jumlah sampel 101 responden mahasiswa S1 Perbankan Syariah angkatan 2019-2020 UIN Walisongo Semarang. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan menggunakan pengukuran skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi di ban syariah. Nilai t hitung variabel pengetahuan sebesar 3,845 dan t hitung variabel motivasi sebesar 3,791 dimana keduanya lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,661. Hasil uji koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,503 yang berarti pengaruh pengetahuan dan motivasi mahasiswa terhadap minat bertransaksi di bank syariah sebesar 50,3%. Sedangkan sisanya 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk perbankan; bank syariah; FEBI UIN WS |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:33 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24901 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year