Pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi materi tata surya melalui aplikasi quizizz
Naila, Farah Alifiana (2023) Pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi materi tata surya melalui aplikasi quizizz. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808066019_Farah Alifiana N_Full Skripsi - Farah Alifiana Na_ila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah instrumen tes pilihan ganda dengan menggunakan tipe soal tingkat tinggi (HOTS) yang memanfaatkan platform Quizizz untuk menguji pemahaman tentang materi tata surya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes tata surya yang menggunakan platform Quizizz, mengevaluasi keterampilan tingkat tinggi (HOTS) peserta didik, serta menggali respons peserta didik terhadap instrumen tes tata surya yang menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE dengan melibatkan lima tahapan. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas VII A, VII B, dan VII C di MTsN 1 Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan wawancara. Instrumen tes tata surya yang menggunakan platform Quizizz disajikan dalam berbagai bentuk, termasuk soal teks, gambar, tabel, dan grafik. Instrumen tes yang dikembangkan berhasil mencapai rata-rata persentase validitas sebesar 92%, dengan kategori sangat valid menurut validator. Berdasarkan perhitungan validitas empiris, instrumen tes yang dikembangkan terdiri dari 16 soal yang valid dari total 30 soal. Keandalan instrumen tes termasuk dalam kategori cukup dengan r11 sebesar 0,673. Produk akhir dari instrumen tes tata surya dengan tipe soal HOTS menggunakan platform Quizizz terdiri dari 16 soal, dengan 1 soal dalam kategori mudah, 14 soal dalam kategori sedang, dan 1 soal dalam kategori sulit. Analisis keterampilan tingkat tinggi (HOTS) peserta didik yang diukur menggunakan instrumen tes materi tata surya menunjukkan nilai rata-rata sebesar 64,01, yang termasuk dalam kategori HOTS yang baik. Hasil dari angket tanggapan peserta didik terhadap instrumen ini menunjukkan tingkat keterarikan yang sangat positif, dengan persentase 80,15% dalam kategori media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata surya; Quizizz; Berpikir tingkat tinggi (HOTS) |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 08:23 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 08:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24909 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year