Pengaruh marketing mix 7P terhadap kepuasan nasabah atas pelayanan pada lembaga keuangan syariah : studi kasus nasabah pada KSPPS BMT Al-Hikmah Semesta Mlonggo Jepara
Ariani, Friska Ayudia (2023) Pengaruh marketing mix 7P terhadap kepuasan nasabah atas pelayanan pada lembaga keuangan syariah : studi kasus nasabah pada KSPPS BMT Al-Hikmah Semesta Mlonggo Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905036119_Friska Ayudia_Lengkap Tugas Akhir - Friska Ayudia Ariani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan wawancara dengan nasaah KSPPS BMT AL-Hikmah Semesta Mlonggo Jepara, diperoleh bahwa nasabah belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, selain itu nasabah juga belum merasa puas dikarenakan tempat parkir yang disediakan kurang luas, sarana-prasarana kurang memadai, biaya administrasi yang mahal beda dengan bank lain, pelayanan pekerja kurang responsif dan lain sebagainya. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketing mix 7p product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence terhadap kepuasan nasabah atas pelayanan pada lembaga keuangan syariah.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah aktif KSPPS BMT AL-Hikmah Semesta Mlonggo Jepara dalam penelitian ini sebanyak 115.000 nasabah. Jumlah nasabah yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 100 nasabah. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS versi 20. Analisis ini meliputi uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (Uji t, Uji F, Uji Koefisien Determinasi R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Place, Process dan Physical Evidence berpegaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah atas pelayanan pada lembaga keuangan syariah karena diketahui nilai sig. < 0,05. Sedangkan Product, Price, Promotion dan People tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah atas pelayanan pada lembaga keuangan syariah karena diketahui nilai sig. > 0,05. Pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah atas pelayanan pada lembaga keuangan syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix 7P; kepuasan nasabah; pelayanan bank; BMT Al-Hikmah Semesta |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 01:38 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 01:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24983 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year