Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) problem solving polya untuk meningkatkan pemahaman konsep materi usaha dan energi

Reviasih, Tara Amalia (2023) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) problem solving polya untuk meningkatkan pemahaman konsep materi usaha dan energi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066058_Tara Amalia Reviasih_Full] Text (Skripsi_1908066058_Tara Amalia Reviasih_Full)
Skripsi_1908066058_Tara Amalia Reviasih_Full Skripsi - Tara Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pemahaman konsep siswa kelas X MIPA MAN 1 Kota Semarang masih rendah, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dasar yang terbukti dari ketuntasan hasil belajar siswa banyak di bawah KKM (75). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa problem solving Polya terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi serta menganalisis peningkatan pemahaman konsep materi usaha dan energi setelah menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan Lembar Kerja Siswa problem solving Polya. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji N-Gain. Hasil uji t dengan Ttabel 2,035, thitung5,143, dan nilai signifikansi 0,000. Nilai Ttabel< nilai thitung sehingga Ha1 diterima yang berarti bahwa efektivitas pemahaman konsep siswa menggunakan model Team Assisted Individualization lebih besar dari pembelajaran menggunakan model Discovery Learning. Peningkatan pemahaman konsep dengan hasil uji N-Gain kelompok eksperimen yaitu 0,45 (kategori sedang) lebih besar dibanding kelompok kontrol yaitu 0,24 (kategori rendah). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah efektivitas pemahaman konsep siswa menggunakan model Team Assisted Individualization lebih besar dari pembelajaran menggunakan model Discovery Learning. Penerapan model pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization (TAI); Lembar Kerja Siswa (LKS); Problem solving; Pemahaman konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:25
Last Modified: 11 Nov 2024 01:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics