Efektivitas model pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi bangun ruang kelas VIII SMP IT Darul Fikri
Lestari, Novia Nindia (2023) Efektivitas model pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi bangun ruang kelas VIII SMP IT Darul Fikri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1608056028_NOVIA NINDIA LESTARI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Novia Nindia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP IT Darul Fikri pada mata pelajaran matematika. Siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal kontekstual yang berbentuk cerita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran STEAM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII di SMP IT Darul Fikri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini Posttest Only Kontrol Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis nilai tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata. Data yang digunakan adalah nilai tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh thitung>ttabel maka diketahui rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STEAM lebih baik dari pada rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran STEAM pada materi kubus dan balok di SMP IT Darul Fikri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran STEAM; Pemecahan masalah; Kubus; balok |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:49 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24995 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year