Pengembangan media mobile learning TRIGONIS (Trigonometri Integrasi Islam) pada Kelas X MA Taqwa Ilah Semarang

Irsyad, Yasir Muhammad (2023) Pengembangan media mobile learning TRIGONIS (Trigonometri Integrasi Islam) pada Kelas X MA Taqwa Ilah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056043_Yasir M. Irsyad_Lengkap] Text (Skripsi_1608056043_Yasir M. Irsyad_Lengkap)
Skripsi_1608056043_Yasir M. Irsyad_Lengkap - Yasir M. Irsyad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Keterbatasan bahan ajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Proses pembelajaran kurang optimal ketika ada sedikit pilihan media, sehingga media yang inovatif dan menarik diperlukan untuk memaksimalkan pembelajaran. Smartphone membuka peluang untuk berkembang sebagai media pembelajaran baru yang sangat menarik dan dapat digunakan baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa aplikasi mobile learning TRIGONIS (Trigonometri Integrasi Islam) pada kelas X MA Taqwa Ilah Semarang. Aplikasi ini dikembangkan dengan bantuan Kodular. Hasil penilaian dari validator menunjukkan media mobile learning yang dikembangkan masuk kategori “Layak” dengan persentase sebesar 94,2%. Adapun kepraktisan media mobile learning didapatkan dari respon guru sebesar 89,2% dan respon peserta didik sebesar 87% sehingga rata rata dari kedua responden sebesar 88,1% masuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Adapun keefektifan media mobile learning didapatkan dari ketuntasan belajar peserta didik dalam menyelesaikan latihan soal dalam media mobile learning didapatkan presentase peserta didik yang tuntas adalah sebanyak 85,7% sehingga memenuhi ketuntasan individual dan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media mobile learning TRIGONIS (Trigonometri Integrasi Islam) layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Mobile learning; Trigonometri Integrasi Islam; Kodular
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:59
Last Modified: 11 Nov 2024 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24997

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics