Efektivitas model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) berbantu macromedia flash terhadap komunikasi matematis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTs Al Maliki Temanggung tahun ajran 2022/2023
Rofi, Fathul Mas (2023) Efektivitas model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) berbantu macromedia flash terhadap komunikasi matematis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTs Al Maliki Temanggung tahun ajran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1608056077_Fathul_Mas_Rofi_Full Skripsi - fathul mas rofi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi siswa di MTs Al Maliki Temanggung yakni tentang kemampuan komunikasi matematis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) terhadap komunikasi matematis pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTs Al Maliki Temanggung Tahun Ajaran 2022/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Populas terdiri dari dua kelas, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol.
Analisis uji t diperoleh hasil uji hipotesis (perbedaan rata-rata) dengan thitung=5,044699 dan thitung=1,681, dengan demikian maka Thitung>thitung, sehingga gagal terima Ho, artinya kelas eksperimen memiliki rata-rata yang berbeda atau lebih baik. Artinya model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbantu Macromedia flash efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Al Maliki Temanggung tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematic Education (RME); Komunikasi matematis; Macro; Edia Flash; Persamaan garis lurus |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:52 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25001 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year