Efektivitas model pembelajaran STAD melalui pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima

Nurrahmaniah, Iin (2023) Efektivitas model pembelajaran STAD melalui pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056004_Iin Nurrahmaniah_Full] Text (Skripsi_1708056004_Iin Nurrahmaniah_Full)
Skripsi_1708056004_Iin Nurrahmaniah_Full Skripsi - Iin Nurrahmaniah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions melalui pendekatan Realistic Mathematics Education efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan rendahnya keaktifan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bima pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah post-test only control design. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan tes. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata skor post-test kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen yaitu 73,188, lebih tinggi daripada skor rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 66,625. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Model pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions; Pendekatan Realistic Mathematic Educatio.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:28
Last Modified: 11 Nov 2024 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25010

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics