Efektivitas model pembelajaran STAD melalui pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima
Nurrahmaniah, Iin (2023) Efektivitas model pembelajaran STAD melalui pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1708056004_Iin Nurrahmaniah_Full Skripsi - Iin Nurrahmaniah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions melalui pendekatan Realistic Mathematics Education efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan rendahnya keaktifan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bima pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah post-test only control design. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan tes. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata skor post-test kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen yaitu 73,188, lebih tinggi daripada skor rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 66,625. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan masalah; Model pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions; Pendekatan Realistic Mathematic Educatio. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:28 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25010 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year