Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline terhadap minat belajar pada materi trigonometri kelas X di SMK Ma’arif NU 1 Semarang

Wulandari, Cika Retno (2023) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline terhadap minat belajar pada materi trigonometri kelas X di SMK Ma’arif NU 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056028_Cika Retno Wulandari_Skripsi Lengkap] Text (Skripsi_1708056028_Cika Retno Wulandari_Skripsi Lengkap)
Skripsi_1708056028_Cika Retno Wulandari_Skripsi Lengkap - cika rw.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline terhadap minat belajar peserta didik pada materi trigonometri. Multimedia pembelajaran dikembangkan dengan memperhatikan kelayakan produk yang meliputi validitas, praktisitas, dan efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMK Ma’arif NU 1 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki presentase validitas sebesar 83,25. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dalam mendukung proses pembelajaran. Selain itu, multimedia pembelajaran juga dinyatakan praktis dengan presentase 81,94, sehingga mudah digunakan oleh guru dan peserta didik. Selanjutnya, hasil uji kefektifan didadapatkan nilai signifikansi atau sign. (2 tailed) adalah 0,00 < 0,05 (taraf signifikan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dengan hasil posttest. Artinya pembelajaran interaktif dengan menggunakan Articulate storyline efektif terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk tersebut dinyatakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dengan articulate storyline pada materi trigonometri layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Multimedia; Pembelajaran interaktif; Articulate storyline; Minat belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:50
Last Modified: 11 Nov 2024 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics