Pengaruh model pembelajaran formulate share listen create dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah

Qolbi, Muhamad Syifaul (2022) Pengaruh model pembelajaran formulate share listen create dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056029_Muhamad Syifaul Qolbi_Full] Text (Skripsi_1708056029_Muhamad Syifaul Qolbi_Full)
Skripsi_1708056029_Muhamad Syifaul Qolbi_Full Skripsi - Muhamad Qolbi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs NU 01 Warureja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran formulate share listen create dan kemandirian belajar dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs NU 01 Warureja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah posttest only control design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (model pembelajaran dan kemandirian belajar) dan variabel terikat (kemampuan pemecahan masalah). Populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas VIII MTs NU 01 Warureja tahun pelajaran 2021/2022 sedangkan sampel yang didapatkan dengan metode cluster random sampling adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambialn data yang digunakan adalah tes dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Model pembelajaran formulate share listen create tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas VIII MTs NU 01 Warureja tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini ditujukan berdasarkan hasil uji anova dua jalur pada hipotesis main effect antar baris (model pembelajaran) yang menghasilkan bahwa Fa<Ft(a)=2,03<4,00 maka Ho diterima. (2) Kemandiran belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas VIII MTs NU 01 Warureja tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini berdasarkan hasil uji anova dua jalur pada hipotesis main effect antar kolom (kemandirian belajar) yang menghasilkan bahwa Fb>Ft(b) =21,34>3,15 maka Ho ditolak dan hasil uji komparasi ganda antar kolom kategori kemandirian belajar dimana hasil pengujian dari tiga perbandingan rerata komparasi tersebut menghasilkan Ho ditolak. (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran formulate share listen create dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas VIII MTs NU 01 Warureja tahun pelajaran 2021/2022, hal ini berdasarkan perhitungan uji anava dua jalur pada hipotesis interaction effect didapatkan Fa<Ft (b) = 1,34<3,15 dengan taraf signifikansi x=5% sehingga Ho diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Formulate share listen create; Kemandirian belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2024 08:18
Last Modified: 11 Nov 2024 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25014

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics