Pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri

Nasrudin, Andi (2023) Pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056053_Andi Nasrudin_Lengkap] Text (Skripsi_1708056053_Andi Nasrudin_Lengkap)
Skripsi_1708056053_Andi Nasrudin_Lengkap Tugas Akhir - ANDI NASRUDIN UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang penting bagi siswa dalam memahami, menggunakan, dan menerapkan pengetahuan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Gaya kognitif mencerminkan kecenderungan individu untuk berpikir secara mendalam, mempertimbangkan berbagai alternatif, dan menghubungkan konsep-konsep secara lebih abstrak. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan sampel siswa kelas VIII MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri. Instrumen yang digunakan adalah Tes Literasi Numerasi yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selain itu, digunakan juga tes MFFT (Matching Familiar Figures Test) guna mengukur gaya kognitif siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara gaya kognitif dengan kemampuan literasi numerasi siswa. Siswa dengan gaya kognitif yang baik cenderung memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif yang lain. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor gaya kognitif perlu diperhatikan dalam pendekatan pembelajaran matematika untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya kognitif; Literasi numerasi; Kemampuan matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2024 08:33
Last Modified: 11 Nov 2024 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics