Efektivitas model pembelajaran inkuiri berbantuan ICT terhadap pemahaman konsep matematis siswa materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) siswa mipa kelas X SMAN 1 Warureja
Assan, Dannie Rovie (2022) Efektivitas model pembelajaran inkuiri berbantuan ICT terhadap pemahaman konsep matematis siswa materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) siswa mipa kelas X SMAN 1 Warureja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056071_Dannie Rovie Assan_FULL Skripsi - 33 - Dannie Rovie Assan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (11MB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X di SMAN 1 Warureja yang tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri berbantuan ICT pada materi SPLTV siswa kelas X SMAN 1 Warureja tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental tipe pretest posstest control group design dengan teknik clauster random sampling yang diperoleh kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data analisis menggunakan uji t-test untuk kemampuan pemahaman konsep matematis, uji ketuntasan klasikal dan uji n-gain untuk menghitung tingkat keefektivitasan model pembelajaran inkuiri berbantuan ICT. Berdasarkan analisis diperoleh
Thitung pada hasil postest pemahaan konsep matematis kelas eksperimen yaitu 3,1265, sedangkan untuk ttabel yaitu 1,7011. Hal tersebut menunjukan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada uji ketuntasan klasikal diperoleh pada kelas eksperimen
Zhitung yaitu 1,4021 dan Ztabel yaitu 1,645 yang menunjukan bahwa kelas ekperimen lebih dari 70% tuntas dan pada uji N-Gain diperoleh kategori efektivitas 58%. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan model pembelajan inkuiri berbantuan ICT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi SPLTV siswa kelas X SMAN 1 Warureja tahun ajaran 2022/2023 dapat dikatakan cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep matematis; ICT; Model pembelajaran inkuiri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25020 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year