Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan koneksi matematis dan minat belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII di MTs As-Sathi’ Karas

Nafiah, Nurul Isnainin (2023) Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan koneksi matematis dan minat belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII di MTs As-Sathi’ Karas. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056054_Nurul Isnainin Nafiah_LENGKAP] Text (Skripsi_1808056054_Nurul Isnainin Nafiah_LENGKAP)
Skripsi_1808056054_Nurul Isnainin Nafiah_LENGKAP TUGAS AKHIR - Nurul Isnainin Nafiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki berbagai keterampilan. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki yaitu keterampilan koneksi matematis. Selain itu, siswa juga harus memiliki minat belajar yang baik, sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif, antusias, perhatian dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, solusi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran TPS. Tujuannya untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran TPS terhadap kemampuan koneksi matematis (2) pengaruh model pembelajaran TPS terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, yang mana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil posttest koneksi matematis kelas kontrol. Begitupun dengan minat belajar siswa. Rata-rata hasil minat belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari hasil minat belajar kelas kontrol. Oleh karena itu, model pembelajaran TPS dikatakan berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis dan minat belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII di MTs As-Sathi’ Karas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Think pair share; Koneksi matematis; Minat belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Nov 2024 05:27
Last Modified: 12 Nov 2024 05:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25033

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics