Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode pemberian reward dan punishment terhadap prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas VII Di SMP N 1 Japah Blora
Daniyah, Siti Khairur Rifki (2023) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode pemberian reward dan punishment terhadap prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas VII Di SMP N 1 Japah Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056051_Siti Khairur Rifki Daniyah_Lengkap Tugas Akhir - Khairur Rifki.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi siswa di SMP N 1 Japah Blora yakni rendahnya prestasi dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode pemberian reward dan punishment terhadap prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas VII di SMP N 1 Japah Blora tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain true experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi terdiri dari 8 kelas, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode pemberian reward dan punishment dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah.
Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata prestasi dan minat belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh Thitung pada data posttest dan angket akhir berturut-turut adalah 5,502 dan 3,976, serta ttabel=1,671 dengan taraf signifikansi=5% dk=58 Hasil tersebut menunjukkan bahwa Thitung >ttabel maka rata-rata prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode pemberian reward dan punishment efektif terhadap prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas VII di SMP N 1 Japah Blora tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group investigation; Reward dan punishment; Prestasi; Minat belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 05:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 05:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25034 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year