Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi pola dan baris bilangan kelas VIII MTs Darul Falah Sirahan berdasarkan gaya berpikir
Rizky, Melvanna (2022) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi pola dan baris bilangan kelas VIII MTs Darul Falah Sirahan berdasarkan gaya berpikir. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056050_Melvanna Rizky_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah gaya berpikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada meteri pola dan baris bilangan kelas VIII A MTs Darul Falah Sirahan berdasarkan gaya berpikir. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 di MTs Darul Falah Sirahan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya berpikir dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis kemudian dianalisis berdasarkan gaya berpikir peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 peserta didik terdapat empat jenis gaya berpikir dengan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbeda, yaitu: 1) 6 peserta didik memiliki gaya berpikir sekuensial konkret (SK) dengan 3 peserta didik yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis tingkat tinggi dan 3 peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tingkat sedang, 2) 2 peserta didik memiliki gaya berpikir acak konkret (AK) dengan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis tingkat sedang, 3) 6 peserta didik yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak (SA) dengan 2 peserta didik yang memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat tinggi, 3 peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tingkat sedang, dan 1 peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep tingkat rendah 4) 6 peserta didik yang memiliki gaya berpikir acak abstrak (AA) dengan 1 peserta didik yang memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat tinggi, 2 peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep tingkat sedang, dan 3 peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep tingkat rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep matematis; Gaya berpikr; Pola; Baris bilangan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 05:45 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 05:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25037 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year