Pengaruh model pembelajaran WEE (Wondering, Exploring, and Explaining) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon
Lestari, Jepi (2023) Pengaruh model pembelajaran WEE (Wondering, Exploring, and Explaining) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056010_JepiLestari_Full_Skripsi - Jepi Lestari UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Pembelajaran yang terjadi pada kelas VIII SMPN 2 Sewon belum sepenuhnya mendukung kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Oleh sebab itu, siswa masih harus banyak menghafal rumus sehingga masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran WEE (Wondering, Exploring, and Explaining) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen serta desain yang berupa posttest only control design. Populasi yang digunakan yaitu kelas VIII SMP N 2 Sewon, dengan sampel kelas VIII C dan VIII D yang diambil melalui teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan model pembelajaran WEE lebih baik daripada kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran WEE. Hal ini karena model WEE mampu mendorong keaktifan siswa dalam berdiskusi, menciptakan rasa ingin tahu untuk menemukan pengetahuan sekaligus menyelesaikan masalah yang ada sehingga kemampuan berpikir reflektif matematis terbentuk. Dengan demikian, model pembelajaran WEE berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran WEE (Wondering, Exploring, and Explaining); Kemampuan berpikir; Reflektif matematis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:51 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25041 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year