Efektivitas pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbantu kokami terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken
Liani, Riris April (2023) Efektivitas pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbantu kokami terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Skripsi_1808056043_Riris April L _Lengkap Tugas Akhir - Riris April Liani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SMP Negeri 1 Jaken yaitu pada kelas VIII keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata nilai keaktifan belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan Thitung>ttabel yaitu 2,401>1,67303 (2) rata-rata nilai pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan Thitung>ttabel yaitu 3,951>1,67303.
Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI efektif terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar; Pemahaman Konsep; Cooperative Integrated Reading and Composition; KOKAMI |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 08:40 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 08:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25045 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year