Efektivitas pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbantu kokami terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken

Liani, Riris April (2023) Efektivitas pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbantu kokami terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi_1808056043_Riris April L _Lengkap] Text (Skripsi_1808056043_Riris April L _Lengkap)
Skripsi_1808056043_Riris April L _Lengkap Tugas Akhir - Riris April Liani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SMP Negeri 1 Jaken yaitu pada kelas VIII keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata nilai keaktifan belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan Thitung>ttabel yaitu 2,401>1,67303 (2) rata-rata nilai pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan Thitung>ttabel yaitu 3,951>1,67303.
Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantu KOKAMI efektif terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Jaken.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar; Pemahaman Konsep; Cooperative Integrated Reading and Composition; KOKAMI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:40
Last Modified: 15 Nov 2024 08:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics